Kenapa membahas Ventuz?

Tulisan ini masih merupakan lanjutan dari Ventuz : Masa Depan Dunia Presentasi. Berhubung masih ada satu bagian yang saya lupakan dalam tulisan tersebut, yaitu kenapa harus Ventuz? Paling tidak, inilah lima alasan kenapa saya memilih untuk membuat review tentang Ventuz.

1. Ventuz mampu memberikan antarmuka presentasi dalam bentuk tiga dimensi

Tiga dimensi di sini adalah dalam konteks sistem koordinat. Perangkat lunak presentasi yang ada umumnya hanya menggunakan koordinat cartesius dua dimensi, hanya ada sumbu x dan sumbu y. Singkatnya, kita hanya dapat menggerakkan objek secara vertikal, maupun horizontal saja. Objek yang dapat kita masukkan ke dalam presentasi pun terbatas pada objek dua dimensi saja (gambar dan video).

Ventuz menggunakan sistem koordinat tiga dimensi (sumbu x,y,dan z). Dengan demikian, selain dapat bergerak secara horizontal dan vertikal, objek juga dapat bergerak maju dan mundur. Penggunaan tiga sumbu koordinat ini memungkinkan presentasi dapat dibuat dengan lebih fleksibel. Ventuz pun mampu memasukkan objek model tiga dimensi ke dalam presentasinya.

Grafik tiga dimensi

2. Ventuz memberikan dukungan bentuk interaksi baru antara presenter dengan komputer

Jika Ventuz dikolaborasikan dengan perangkat keras yang mendukung, katakanlah, layar sentuh. Ventuz dapat memberikan sebuah bentuk interaksi baru dengan presenter. Presenter tidak harus menekan remote untuk meneruskan presentasinya. Hal ini, tentu saja, sangat bergantung pada dukungan perangkat keras yang digunakan.

3. Ventuz tidak mengenal batasan resolusi

Artinya, presentasi anda dapat ditayangkan dalam layar sebesar apapun tanpa perlu takut presentasi anda akan pecah (pixellate). Hal ini tentu akan sangat berguna jika anda melakukan presentasi dalam sebuah ruangan seluas lapangan sepak bola.

4. Tidak terbatas pada presentasi

Dengan kemampuan di atas, Ventuz tidak hanya dapat digunakan pada presentasi konvensional (ada layar, ada presenter, ada penonton). Ventuz juga dapat digunakan sebagai media informasi atau dalam pertunjukan seni.

Penonton dapat berinteraksi langsung dengan presentasi

5. Ventuz mampu memberikan WOW effect

WOW effect adalah sebuah istilah dalam dunia entertainment. Terjemahan mudahnya adalah ‘efek terkejut’ yang dirasakan oleh penonton saat kita melakukan presentasi. Jika keempat keunggulan lainnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh presenter, penonton akan kesulitan melupakan presentasi yang anda lakukan.

Itulah lima alasan yang dapat saya uraikan pada tulisan ini. Tapi tentu saja, ventuz memiliki kelemahan, yaitu sangat bergantung pada dukungan perangkat keras.

NB : Tulisan ini akan diupdate. Berhubung kuliah sudah mulai:mrgreen:

11 thoughts on “Kenapa membahas Ventuz?

  1. wah, baru mampir ke blog auzi nih. headernya keren… kata2nya juga keren๐Ÿ˜€
    ใ€Œใ‚ใฎๆ—ฅ่ฆ‹ใŸ็ฉบใ‚’้ก˜ใ„ใฎใ•ใใธๅฑŠใ‹ใ›ใ‚‹ใ‚ˆใ†ใซใ€‚ใ€‚ใ€‚ใ€
    bikin sendiri zi?

    *hehe, karena blum baca2, jd yg dikomentarin pertama headernya doang gpp ya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s