Kajian Usability Cerpenista.com (Bagian 2 dari 4)

Tulisan ini dibuat sebagai bagian dari tugas akhir Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Penulis hanya melakukan kajian terhadap faktor usability (kegunaan) dari antarmuka situs cerpenista.com

Tulisan ini terdiri dari empat bagian, yaitu :
Bagian 1 : Pendahuluan
Bagian 2: Evaluasi Heuristik Poin 1 – 5
Bagian 3: Evaluasi Heuristik Poin 5 – 10
Bagian 4: Penutup

Evaluasi Heuristik Poin 1 – 5

1. Visibility of system status

Tautan

Feedback yang menunjukkan tautan pada cerpenista sudah cukup baik. Text tautan dibedakan dengan text non-tautan dengan cara memberi warna hijau (text non-tautan diberi warna hitam). Saat posisi kursor berada pada tautan, tautan otomatis diberi garis bawah dan kursor berubah.

Navigasi

Saat kursor menuju menu navigasi, menu yang bersangkutan akan diberi pembeda berupa sebuah rounded rectangle bewarna hijau. Hal ini membantu pengguna mengidentifikasi menu navigasi apa yang sedang ia tunjuk.

Masalah:

Masalah muncul saat menampilkan halaman aktif.  Penanda halaman aktif kurang menonjol. Bagi pengguna yang kurang jeli, bisa saja penanda halaman aktif tersebut tidak terlihat.

Solusi:

Sebaiknya penanda dibuat dengan warna yang lebih gelap, sehingga terlihat berbeda dengan warna latar belakang. Dengan memberikan tanda pada halaman yang sedang aktif, pengguna dapat mengetahui dengan mudah posisi halaman tempat ia berada saat ini.

Melanjutkan cerpen

Setelah pengguna menekan tombol kirim saat melanjutkan cerpen. Cerpenista memberikan respon berupa animasi lingaran bewarna biru dan menonaktifkan tombol kirim. Hal ini membuat pengguna menyadari bahwa tulisan yang ia buat sedang dikirim.

2. Match between system and the real world

Bahasa

Bahasa yang digunakan cerpenista adalah bahasa Indonesia.

Masalah:

Cerpenista sering mencantumkan kata yang tidak baku.

Solusi:

Kurangi penggunaan kata yang tidak baku.

Istilah yang digunakan

Sebagai situs penulis, cerpenista lebih banyak menggunakan kata anggota untuk merujuk kepada anggota cerpenista. Sebaiknya, digunakan istilah seperti cerpenis atau penulis agar suasana pada cerpenista lebih terasa.

3. User control and freedom

Pilihan pembatalan

Di beberapa bagian cerpenista, disediakan opsi untuk membatalkan aksi yang hendak dilakukan pengguna. Misalnya pada saat melakukan registrasi :

4. Consistency and standards

Navigasi

Berikut adalah menu navigasi utama yang ada di cerpenista:

Masalah:

Masalah pertama yang muncul pada navigasi tersebut adalah bahasa. Ada menu yang menggunakan bahasa Inggris, dan ada menu yang menggunakan bahasa Indonesia.

Masalah kedua adalah penggunaan istilah “Top” kurang tepat. Top pada cerpenista mengacu pada “Tulisan paling populer”. Penggunaan kata top pada umumnya mengacu kepada posisi teratas dari suatu situs. Ketika pengguna memilih menu top, yang diharapkan pengguna adalah ia kembali melihat bagian atas halaman situs yang sedang ia buka.

Masalah ketiga adalah ukuran huruf. Ukuran huruf yang digunakan pada kata forum dan favorit lebih kecil dibandingkan dengan kata yang lain.

Solusi:

Gunakan bahasa yang seragam untuk menu navigasi. Ganti kata top dengan kata yang lebih deskriptif, seperti tulisan terpopuler. Seragamkan ukuran huruf.

Tautan ke halaman sendiri (Self Link)

Nielsen dan Tahir (2001) memberikan sebuah prinsip desain berikut :

Jangan memberikan tautan aktif ke halaman utama, di halaman utama

Sedangkan Johnson (2006) lebih meluaskan prinsip diatas menjadi :

Jangan memberikan tautan aktif ke halaman saat ini, di halaman saat ini

Masalah:

Cerpenista mengandung self link hampir di setiap halaman.

Solusi:

Hilangkan self link, paling tidak self link yang berada di halaman utama.

5. Error prevention

Error prevention pada suatu antarmuka berfungsi untuk mencegah pengguna melakukan suatu kesalahan saat menggunakan suatu situs.

Melanjutkan cerpen

Cerpenista melakukan pencegahan terhadap kesalahan double post. Ketika pengguna mengirim lanjutan cerpennya, secara otomatis tombol kirim dimatikan (tidak bisa diklik) seperti pada gambar berikut :

Mekanisme tersebut cukup efektif untuk mencegah double post, yang sering terjadi di forum-forum.

Konfirmasi kata sandi

Pada saat registrasi, salah memasukkan kata sandi dapat berakibat fatal. Untuk mencegah pengguna memasukkan kata sandi yang salah, cerpenista menaruh isian konfirmasi kata sandi berikut :

Masalah:

Konfirmasi kata sandi dengan mengetik ulang seperti diatas memiliki beberapa kelemahan. Pertama, pengguna hanya dapat melihat kata sandi tidak sesuai berdasarkan banyak karakter. Kedua, kesalahan pengetikan kata sandi baru terlihat setelah pengguna men-submit informasinya, sehingga fungsi pencegahan menjadi kurang terasa.

Solusi:

Berikan tanda, misalnya tanda centang, yang akan langsung muncul setelah pengguna mengetik kata sandi di kedua kotak isian.

Tulisan selanjutnya :Bagian 3: Evaluasi Heuristik Poin 5 – 10

11 thoughts on “Kajian Usability Cerpenista.com (Bagian 2 dari 4)

  1. menarik banget Zi, palagi yang soal navigasi

    nuat gw kalo navigasi mang harus dibedain atau sedikit lebih menonjol dari tulisan to fitur yang lain biar gampang diliat

  2. wah bagus ini buat referensi gw bikin tugas juga he he he….
    kalo menurut gw yang poin kedua bukan masalah soalnya inti poin 2 itu kan metafor, dan untuk masalah kata baku sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap usability, karena yang penting maksud dari pembuat situs tersampaikan.
    umm…
    cuma pendapat kok…

  3. Menurut saya untuk konsistensi bahasa, tidak selamanya kita harus mempertahankan mengunakan bahasa tertentu (contohnya bahasa Indonesia) apabila ada suatu istilah dalam bahasa Inggris yang lebih mudah dipahami dan familiar oleh sebagian besar orang (seperti download, upload).

  4. Menurut saya pribadi kita tidak harus mempertahankan penggunaan suatu bahasa tertentu (misal Bahasa Indonesia) apabila terdapat istilah bahasa Inggris yang lebih mudah dimengerti dan familiar oleh kebanyakan orang (seperti download, upload, username, password)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s