The Last Lecture

Cover The Last Lecture

Saya yakin banyak pembaca yang telah mengetahui isi dari buku ini. Buku ini memang terbit tahun 2008 dan video Last Lecture sendiri telah beredar di youtube sejak akhir tahun 2007. Tapi saya pribadi baru dua hari ini mendapat kesempatan membaca buku ini🙂

The Last Lecture ditulis oleh Randy Pausch, seorang profesor di Carnegie Mellon University. Buku ini menceritakan kehidupan penulis, yang didiagnosis menderita kanker pankreas, setahun sebelum buku ini terbit. Walaupun dokter menyatakan bahwa ia hanya dapat hidup paling lama enam bulan lagi, Randy justru memilih untuk menggunakan sisa usianya untuk berkarya.

Judul The Last Lecture sendiri diambil dari sebuah kegiatan di Carnegie Mellon University. Setiap profesor diberikan kesempatan untuk memberikan sebuah kuliah seakan-akan kuliah tersebut adalah kuliah terakhir yang dapat ia berikan. Ketika kesempatan ini diperoleh oleh Randy, ia memutuskan untuk memberikan kuliah dengan topik “Really Achieving your Childhood Dreams“.

Randy Pausch, saat memberikan "Kuliah Terakhir"
Randy Pausch, saat memberikan "Kuliah Terakhir" di CMU

Saat membaca buku ini, anda tidak akan menemukan hal-hal yang anda kira akan anda temukan di sebuah buku yang ditulis oleh seorang penderita kanker ganas. Yang akan anda temukan adalah optimisme dan semangat yang dimiliki oleh penulis. Dengan membaca buku ini, anda akan memperoleh sebuah pelajaran akan kehidupan.

Berikut beberapa kutipan dari buku ini :

When me make something hard to use, people get upset. They become so angry that they want to destroy it. We don’t want to create thing that people will want to destroy.

A lot of people want a shortcut. I find the best shortcut is the long way, whic is basically two words : Work Hard.

Kutipan yang pertama sangat layak diterapkan di Ilmu Komputer🙂

One thought on “The Last Lecture

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s