Memersingkat URL dengan URL Shortener

Seringkali kita menemukan sebuah halaman website yang sangat panjang, misalnya :

http://example.com/this_is_just_a_test_page_that_not_exist/this_is_a_very_long_url/2010/Indeed_a _very_long_url_with?=123.html

Setidaknya ada dua masalah dari alamat seperti itu. Pertama, alamat tersebut terlalu panjang (126 karakter). Hal ini tentunya menyulitkan apabila kita hendak mengirimkan alamat tersebut melalui SMS. Bayangkan jika anda mengisi sebuah workshop kemudian meminta peserta workshop untuk mengetik alamat tersebut untuk mengunduh sebuah aplikasi (selamat menikmati keluh kesah peserta:mrgreen: ). Kedua, alamat tersebut sulit untuk diingat.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita perlu memermendek alamat tersebut. Alamat tersebut dapat diperpendek dengan menggunakan jasa URL Shortener. Salah satu penyedia layanan tersebut adalah bit.ly.

 

Halaman Utama Bit.ly
Halaman Utama Bit.ly

Untuk memperpendek alamat, salin (copy) alamat yang akan diperpendek. Kemudian, buka situs bit.ly dan tempel (paste) alamat tersebut di kotak yang tersedia. Kemudian tekan tombol Shorten. Bit.ly akan memermendek alamat tersebut, misalnya menjadi http://bit.ly/ha0Kde yang terdiri dari 20 karakter.

Sekarang kita telah memiliki alamat pendek. Namun, alamat tersebut berupa kata acak yang sulit untuk diingat. Untuk membuat alamat pendek menjadi lebih ‘manusiawi’, kita harus mendaftar dahulu di situs bit.ly.

Untuk mendaftar, tekan tombol Sign Up. Isi seluruh informasi yang diminta lalu tekan tombol Sign Up. Setelah terdaftar, masuk ke akun Bit.ly Anda.

 

Kostumasi URL Pendek

Setelah masuk, masukkan alamat yang ingin diperpendek. Kemudian tekan tombol Shorten. Di bagian bawah, akan muncul alamat yang telah diperpendek. Untuk merubah alamat yang diperpendek tersebut, tekan tombol Customize. Kemudian, pada kotak yang tersedia, isikan alamat yang Anda inginkan. Misalnya http://bit.ly/URLPendek (terdiri dari 23 karakter). Walaupun panjang alamat ini lebih panjang dari sebelumnya, alamat ini lebih mudah diingat daripada URL yang pertama.

Selain Bit.ly, penyedia jasa URL Shortener lainnya adalah adf.ly, goo.gl, tinyurl.com, dan pendek.in.

Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s