Tetralogi Ember #1 : City of Ember

City of Ember

City of Ember adalah buku pertama dari tetralogi Ember. City of Ember bercerita tentang sebuah kota di bawah tanah yang bernama Ember. Penduduk kota Ember hidup di bawah tanah selama puluhan generasi. Akibatnya, para penduduk telah melupakan segala sesuatu tentang keadaan di permukaan Bumi. Mereka tidak mengetahui keberadaan langit biru, bulan, ataupun matahari. Satu-satunya yang mereka tahu mengenai dunia adalah Kota Ember, dan Kota Ember sedang diambang kehancuran.

Berada di bawah tanah selama lebih dari dua ratus tahun membuat persediaan makanan semakin menipis. Generator, satu-satunya alat yang menyuplai listrik di Kota Embar, mengalami kerusakan. Semakin hari, Kota Ember semakin sering ditutupi kegelapan. Para penduduk ketakutan, jika nanti di suatu hari lampu-lampu tidak akan menyala lagi.

Pada saat seperti itulah Lina Myfleet dan Doon Harrow, anak berusia dua belas tahun lulus dari sekolah Kota Ember. Mulai hari kelulusan itu, keduanya harus bekerja sesuai hasil undian yang mereka dapatkan. Lina bekerja sebagai pengantar pesan dan Doon bekerja sebagai pekerja pipa. Melalui kedua pekerjaan itu, Lina dan Doon menemukan pesan dari Kaum Pembangun (Builder) yang berisi instruksi untuk keluar dari Kota Ember. Bersama, mereka berdua memutuskan untuk melaksanakan pesan tersebut dan mencari jalan keluar dari Kota Ember.

Akankah Lina dan Doon merasakan sinar mentari di permukaan Bumi?

“What you need to learn, children, is the difference between right and wrong in every area of life. And once you learn the difference, you must always choose the right.”

2 thoughts on “Tetralogi Ember #1 : City of Ember

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s