Tetralogi Ember #2 : People of Spark

Lebih sulit menjadi baik daripada menjadi jahat

People of Spark (wikipedia.org)

People of Spark adalah buku kedua dari tetralogi Ember karangan Jeanne DuPrau. People of Spark diterbitkan di Indonesia pada tahun 2009. Di Indonesia, baru dua novel Ember yang telah diterjemahkan oleh Mizan, City of Ember dan People of Spark. Saya sendiri heran mengapa Mizan tidak berniat menerbitkan sisa buku dari tetralogi Ember.

People of Spark menceritakan kisah tentang warga kota Ember yang menemukan jalan keluar dari kota bawah tanah mereka. Setelah sampai di permukaan Bumi, mereka menemukan sebuah dunia pasca perang. Dunia yang tidak mereka kenal sama sekali. Kondisi mereka diperburuk dengan tidak adanya makanan, harta benda, dan tempat tujuan. Sampai akhirnya, mereka menemukan Desa Spark.

Warga Desa Spark, yang berjumlah sekitar 300 orang, kebingungan karena harus menampung 417 warga Ember. Awalnya, warga Desa Spark menerima kedatangan mereka. Namun seiring berjalannya waktu, persediaan makanan menipis, ketegangan tak terhindarkan, dan benih-benih kebencian muncul di antara kedua belah pihak. Akankah keadaan makin memburuk?

Kau menyakitiku! Jadi aku akan balas menyakitimu!

Saat membaca cerita ini, kita pasti teringat pada banyak kejadian di negeri ini. Sekian banyak perkelahian yang terjadi karena masalah yang sepele. Sekian banyak pertikaian yang terjadi hanya karena masalah kecil, yang dibesar-besarkan. Sebuah perputaran yang sederhana : sebuah keburukan dibalas dengan keburukan lainnya.

Daripada membalas pihak lainnya sama buruknya dengan yang mereka lakukan padamu – atau malah lebih buruk – kau melakukan kebaikan. Atau setidaknya kau menahan diri agar tidak melakukan hal buruk.

People of Spark memiliki pesan moral yang dalam. Jika kita tidak pandai mengendalikan diri, bisa jadi kitalah nenek moyang dari penduduk Ember dan Spark. Bangsa yang menghacurkan Bumi dan memusnahkan sebagian besar umat manusia.

5 thoughts on “Tetralogi Ember #2 : People of Spark

      1. Tetralogi. Urutannya :
        1) City of Ember
        2) People of Spark
        3) The Prophet of Yonwood
        4) The Diamond of Darkhold
        People of Spark sendiri masih belum jelas akan dibuat filmnya atau tidak. *semoga dibuat*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s