Tetralogi Ember #3 : The Prophet of Yonwood

Prophet of Yonwood

Kembali lagi membahas tetralogi Ember. Setelah The City of Ember dan People of Spark, sekarang giliran buku ketiga : The Prophet of Yonwood. Sayangnya, belum ada penerbit yang menerjemahkan buku ini ke Bahasa Indonesia.

Prophet of Yonwood adalah prekuel dari ketiga buku Ember lainnya. Berlatar di kota Yonwood, Amerika Serikat, lima puluh tahun sebelum Kota Ember didirikan. Prophet of Yonwood menceritakan kisah Nickie, yang menulis buku harian yang ditemukan oleh Lina dan Doon di akhir buku pertama. Pada akhirnya, diceritakan bahwa ayah Nickie adalah salah satu dari kaum Pembangun yang mendirikan Kota Ember.

Setelah kematian kakek buyutnya, Nickie dan bibinya memutuskan untuk mengunjungi rumah almarhum di Kota Yonwood. Ternyata, Yonwood memiliki sejumlah keanehan. Seorang wanita bernama Althea Tower baru-baru ini mengaku bahwa dirinya melihat masa depan. Masa depan dimana umat manusia musnah akibat perang dan bencana. Penduduk Kota Yonwood mempercayai omongan Tower, bahkan menyebut Tower sebagai Sang Nabi yang medapatkan petunjuk dari Tuhan. Beragam aturan pun diberlakukan : tidak boleh ada nyanyian, tidak boleh ada anjing, bahkan tidak boleh ada listrik -__-. Beruntung internet tidak dilarangšŸ˜›

Buku ini jauh berbeda dengan keduaĀ  buku sebelumnya. Ceritanya datar dan klimaksnya kurang terasa. Bisa dibilang buku ini adalah buku yang paling mengecewakan dalam tetralogi Ember. Sejujurnya, menurut saya pribadi, bagian yang penting semuanya terangkum dalam dua bab terakhir. Mungkin DuPrau menulis buku ini semata-mata untuk menjawab pertanyaan mengenai asal mula kota Ember (yang hanya dijelaskan sekilas di sini -_-) dan kejadian di akhir buku keempat : The Diamond of Darkhold.

Tapi tetap ada bagian yang kocak:mrgreen: :

It’s my music box! It’s very high-tech– powered by some new kind of tiny everlasting battery. Plutonium, I think.

*Membayangkan iPod bertenaga nuklir*

The Prophet of Yonwood (Ember, Book 3)

3 thoughts on “Tetralogi Ember #3 : The Prophet of Yonwood

  1. klo sekarang udah ada terjemahan buku k 3 dan k 4 nya blm ya?
    klo blm ada, kakak pny yg english editionnya? minat buat di jual kembali gak?
    :wink
    hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s