Tempat Mengunduh eBooks Gratis (dan Legal)

“Encourage the creation and distribution of eBooks.” – Project Gutenberg –

Foto oleh : AndyMangold

Satu dekade lalu, saat kita membutuhkan sebuah buku, kita harus pergi ke perpustakan atau toko buku. Sekarang, di era internet ini, versi digital dari sebuah buku bisa kita dapatkan dengan mudah. Sayangnya, kemudahan itu justru mengarah ke pembajakan buku digital.

Daripada kita membahas bajak-membajak, lebih baik kita membahas tempat idaman dimana kita bisa mendapatkan ebook yang gratis dan legal. Berikut adalah lima enam dafta situs yang menyediakan hal tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa sebagian situs tersebut hanya menyediakan buku-buku literatur klasik, yang memang sudah digratiskan. Yah, lebih baik daripada tidak ada sama sekali:mrgreen: dan bukunya pun bagus-bagus kok. Inilah kelima enam situs-situs tersebut :

  1. Project Gutenberg, disingkat PG, adalah situs perpustakaan digital tertua di dunia. Dari semua situs yang disebutkan di tulisan ini, PG memiliki jumlah koleksi yang paling banyak. Sayangnya, PG hanya menyediakan ebook dalam format HTML atau plain text yang kurang nyaman untuk dibaca dalam waktu lama, kecuali anda memiliki perangkat ebook reader seperti Kindle.
  2. Planet eBook, adalah situs penyedia ebook untuk buku-buku literatur klasik. Situs ini menyediakan ebook dalam format PDF dengan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan Project Gutenberg. Hanya saja, jumlah koleksinya sangat sedikit, kurang dari seratus buku.
  3. ManyBooks bisa dibilang sebagai gabungan antara Project Gutenberg dan Planet eBook. Jumlah bukunya banyak dan tersedia dalam beragam format. Walaupun demikian, kualitas ebook-nya tidak sebaik Planet eBook.
  4. Goodreads adalah jejaring sosial yang ditujukan untuk para pencinta buku. Selain sebagai jejaring sosial, Goodreads juga menyediakan banyak judul buku yang dapat dibaca secara online. Sebagian buku tersebut juga dapat diunduh secara gratis. Kalau ketiga situs sebelumnya hanya memiliki koleksi buku-buku klasik, Goodreads juga menyediakan buku-buku baru  untuk dibaca dan diunduh, tentu saja dengan izin penulis buku tersebut.
  5. Freecomputerbooks merupakan sebuah situs yang mengumpulkan buku-buku di bidang komputer yang dapat dibaca atau diunduh secara gratis. Saat anda memilih sebuah buku, anda akan diarahkan ke situs pengarang atau penerbit yang menyediakan versi digital dari buku tersebut untuk dibaca, atau diunduh, secara gratis. Hanya saya, terkadang buku yang ditampilkan adalah versi draft jadi harap maklum jika terdapat kesalahan ketik pada buku tersebut. Terlepas dari itu, saya salut pada para penulis buku yang rela untuk menggratiskan versi digital bukunya:mrgreen:.
  6. Perpustakaan Adelaide menyediakan koleksi ebook berformat epub dari karya-karya sastra klasik. Formatnya lebih rapih daripada Project Gutenberg.
  7. Public domain feedbook.com menyediakan beragam pilihan jenis buku untuk diunduh dalam format ebook. Wajib dibuka untuk para pengguna ereader (Sumber : f.ardiansyah).
  8. Epubbooks.com hampir mirip dengan feedbook.com (Sumber : f.ardiansyah).
  9. Google Books juga menyediakan buku-buku yang dapat dibaca secara gratis. Untuk buku-buku yang masih belum masuk ke domain publik, ada beberapa halaman yang dihilangkan (Sumber : f.ardiansyah).

Itulah lima enam situs penyedia ebook yang menyediakan ebook gratis dan legal paling sering saya kunjungi. Terakhir, saya tambahkan bahwa mencari buku digital yang gratis dan legal itu mudah, tapi membacanya yang susah:mrgreen:. Semoga bermanfaat😀.

“So many books, so little time.”Frank Zappa

Posted in UncategorizedTagged

8 thoughts on “Tempat Mengunduh eBooks Gratis (dan Legal)

    1. Wah, mantap Pak.
      Kalau ga salah di Amazon dan Barnes & Noble juga tersedia ebook gratis untuk dibaca di ereader. Nanti saya tambahkan ke daftar di atas.

  1. tapi kan piracy for education gan… (semboyan mahasiswa kere),,,

    belum pernah nih maen k no.1, ga punya kindle lagi,, haha. Pinjam sama pak f.ardiansyah dulu boleh ga ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s