The Time Machine

The Time Machine, HG Wells

The Time Machine ditulis oleh HG Wells dan termasuk ke dalam buku fiksi ilmiah paling terkenal sepanjang sejarah. The Time Machine menceritakan kisah tentang seorang ilmuwan, yang tidak disebutkan namanya, yang berhasil menciptakan mesin waktu. Ia, melakukan perjalanan ke tahun 800.000 dan mendapati sebuah dunia yang jauh dari bayangannya.Dunia di mana umat manusia terbagi menjadi dua ras, Eloi yang hidup di atas permukaan bumi dan Morlock yang hidup di bagian bawah bumi.

We should strive to welcome change and challenges, because they are what help us grow. With out them we grow weak like the Eloi in comfort and security. We need to constantly be challenging ourselves in order to strengthen our character and increase our intelligence. ” — H.G. Wells di The Time Machine)

Dari sisi cerita, saya salut dengan HG Wells yang berhasil menggambarkan kehidupan manusia di masa depan. Namun, sudut pandang buku ini terbilang aneh. Buku ini diceritakan dari sudut pandang Filby, teman dekat dari si Pengelana Waktu. Filby sendiri kemudian diundang oleh si Pengelana Waktu, yang kemudian menceritakan petualangannya di masa depan. Padahal, ada beberapa adegan di buku ini yang lebih baik jika dikisahkan dari sudut pandang orang pertama. Ah, seandainya buku ini diceritakan dari sudut pandang si Pengelana Waktu.

Saya sendiri sedikit kesulitan menamatkan buku ini. Mungkin karena buku ini terbit lebih dari seratus tahun yang lalu, ada banyak istilah asing yang tidak saya ketahui. Sedia kamus sebelum kebingungan:mrgreen:.

The Time Machine telah dua kali diangkat ke layar lebar, pada tahun 1960 dan 2002. Untuk versi tahun 2002, ada satu adegan yang sangat saya sukai, yaitu adegan saat si Pengelana Waktu melakukan perjalanan ke masa depan.

Sampai saat ini, kalau sedang butuh inspirasi, adegan tersebut selalu saya putar ulang:mrgreen:.

Sekedar informasi, The Time Machine dapat diunduh secara gratis di Planet eBooks.

“We all have our time machines, don’t we. Those that take us back are memories…And those that carry us forward, are dreams.” H.G. Wells

5 thoughts on “The Time Machine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s