Hidup tanpa listrik

Lamp by scui3asteveo @Flickr Creative Common

Di zaman ini, kecuali Anda hidup di tempat terpencil, sangat sulit memisahkan listrik dari kehidupan. Listrik selalu ada di sekitar kita. Dengannya kita dapat menghidupkan ratusan mesin yang mewarnai kehidupan kita. Mesin cuci, televisi, telepon genggam, dan komputer adalah sedikit dari peralatan elektronik yang selalu ada di dekat kita. Tanpa listrik, semua peralatan itu tidak berjalan. Tanpa listrik, dunia terasa mati. Benarkah?

Harus kita akui bahwa kita sangat tergantung pada listrik, bahkan lebih daripada yang kita sadari. Kita memerlukan listrik untuk memperoleh informasi, berkomunikasi lewat telepon dan internet, atau sekedar untuk memperoleh cahaya yang nyaman di malam yang damai. Namun, listrik memiliki peran yang lebih penting daripada itu.

Misalnya saja, listrik digunakan untuk mengalirkan air bersih lewat pipa-pipa yang tertanam di bawah tempat kita berdiri. Jika tidak ada listrik, keran yang ada di sekitar kita tidak lagi mengeluarkan air. Lalu dimana kita bisa mendapatkan air? Dahulu, manusia dapat dengan mudah menuju sungai untuk mendapatkan air, tapi sekarang sungai-sungai sudah terlalu kotor untuk dapat diminum airnya tanpa melalui proses penyulingan.

Apakah keadaan bisa lebih buruk lagi tanpa listrik? Kekurangan makanan, transportasi, dan masalah kebersihan adalah sedikit dari banyak masalah yang membuat melewati malam hari hanya dengan lilin menjadi kekhawatiran terkecil kita.

Who turned out the light by aussiegall @Flickr Creative Common

Manusia memang tidak akan musnah tanpa listrik. Umat manusia saat telah bertahan berpuluh abad tanpa listrik. Masalahnya adalah, kita terlalu merasa nyaman dengan keberadaan listrik dan kenyamanan tersebut membuat kita menafikan kemungkinan bahwa pada suatu hari listrik tidak akan menyala kembali. Membayangkan hidup tanpa listrik saat ini sesulit saat leluhur kita membayangkan hidup dengan listrik.

Tapi mungkin hidup tanpa listrik bukanlah sebuah hal yang buruk. Kehidupan dimana kita lebih banyak berinteraksi dengan manusia, bukan mesin seperti sekarang ini. Bisa jadi kita harus berterima kasih pada PLN yang tiada bosannya melatih kita hidup tanpa listrik:mrgreen:.

Bisakah kita hidup tanpa listrik? Pasti bisa, tapi mungkin pertanyaan yang lebih tepat adalah : Siapkah kita hidup tanpa listrik?

Tulisan sejenis :
How do you live without electricity?
Living without electricity

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s