Nenek Hebat dari Saga

Nenek Hebat dari Saga

Ceritanya sederhana, diangkat dari masa kecil pengarang pasca Perang Dunia II di Jepang. Ayahnya meninggal di Hiroshima sehingga pengarang hanya tinggal dengan ibunya. Suatu hari, ibunya mengirimnya, dengan sedikit memaksa, ke Kota Saga, untuk tinggal bersama sang Nenek Hebat dari Saga.

“Keluarga kita miskin yang ceria!” kata Nenek yang selalu tertawa. Dia tidak pernah membiarkan dirinya dikalahkan keadaan dan sungguh selalu tampak bahagia.

Ternyata, si Nenek bukanlah orang biasa. Ia memang hidup dalam kemiskinan, tapi ia menyebut dirinya sebagai “Orang Miskin yang Ceria”. Si Nenek selalu memanfaatkan kesempatan yang ada. Ketika berjalan, ia mengikatkan magnet di belakangnya untuk menangkap logam-logam yang bertebaran di jalanan. Logam-logam yang didapat kemudian dikumpulkan dan dijual.

Untuk urusan makan sehari-hari si Nenek punya trik tersendiri. Ia memasang galah di sungai dan setiap pagi ia selalu melihat keadaan galahnya tersebut. Kalau beruntung akan ada sayur mayur yang terbuang dari pasar. Bagian yang rusak ia buang sedangkan sisanya dijadikan lauk. Mantap🙂.

“Berhentilah mengeluh “panas” atau dingin”. Musim panas berutang budi pada musim dingin, demikian juga sebaliknya.”

Tentu saja di buku ini masih banyak kebijaksanaan si Nenek, yang walaupun membuat kita tertawa membacanya, yang sedikit banyak mengingatkan kita akan pentingnya hidup ini. Hidup ini terlalu penting untuk disia-siakan. Hidup ini terlalu berharga untuk dibuang. Sesulit apapun kehidupan kita pasti akan ada banyak hal yang bisa membuat kita tersenyum.

Akhirnya, sebuah kutipan yang sangat menarik dalam buku ini akan menjadi penutup dari tulisan ini :

“Sampai mati, manusia harus punya mimpi! Kalaupun tidak terkabul, bagaimanapun itu kan cuma mimpi.”

5 thoughts on “Nenek Hebat dari Saga

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

  2. Baca dari resensi-resensinya buku ini kayaknya bagus…
    Btw, ini Auzi kan? Dulu kadang suka datengin blog ini, makin lama makin sibuk makin jarang. Ternyata ada resensi buku juga tho..? Di tunggu lagi yaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s