Belanja di Toko Buku Online

Dua bulan terakhir ini adalah masa-masa hunting buku untukku. Kebetulan sedang ada rezeki dan ada beberapa buku yang ingin dicari. Sayangnya, banyak buku yang saya cari tidak tersedia lagi di toko-toko buku di Kota Bogor. Akhirnya, sebagai alternatif, saya mulai mempertimbangkan untuk berbelanja di toko buku online.

Awalnya jelas ada rasa takut untuk membeli buku secara online. Perasaan takut tertipu dan perasaan khawatir akan kehilangan uang memang ada. Untungnya ada beberapa orang yang telah berbaik hati membuat ulasan tentang toko-toko buku online yang terpercaya. Akhirnya mencoba juga membeli buku secara online. Kalau-kalau ada yang butuh, ulasan pengalaman membeli buku tersebut saya tuliskan saja di tulisan ini.

Yang harus diketahui sebelum membeli adalah setiap toko buku online memiliki keunikan masing-masing. Ada yang memberikan poin reward, ada yang gratis ongkos kirim, ada juga yang hanya menjual buku impor. Masalah harga, kebanyakan harga di toko buku online lebih murah 15% daripada harga jual di toko buku seperti Gramedia dan TGA. Jangan lupa bahwa anda masih harus membayar ongkos kirim.

Sebagian besar toko buku online mewajibkan anda melakukan registrasi anggota terlebih dahulu, gratis tentunya. Walaupun ada beberapa toko yang memungkinkan melakukan pemesanan tanpa registrasi, saya lebih menyarankan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu untuk memudahkan komunikasi.

Pembayaran biasanya dilakukan dengan cara transfer. Hampir semua toko buku online memiliki nomor rekening di BCA. Jangan lupa menyimpan bukti transfer anda, karena ada beberapa toko buku online yang mewajibkan pelanggan untuk melampirkan bukti transfer tersebut. Ok, kita mulai saja ulasannya😀

Bukabuku.com

Bukabuku.com

Toko buku online yang pertama kali saya coba. Secara umum belanja di toko ini sangat mudah. Surel kita cepat ditanggapi. Yang paling saya sukai adalah fitur untuk melihat keadaan pesanan kita (apakah bukunya masih dalam proses pencarian ke gudang, sudah terkirim, atau tidak ada). Selain itu ada juga fitur kado, kalau kita ingin menghadiahkan buku untuk orang lain. Kan ga lucu kalau hadiah dikirim dengan wadah kardus😀.

Bukabuku termasuk toko yang rajin mengirimkan kita surel. Untuk setiap proses yang terjadi, pasti kita dikirimi surel. Mulai dari registrasi, pemesanan buku, transfer, sampai pengiriman buku.

Kalau kita memesan buku dalam jumlah cukup banyak dan ada beberapa buku yang belum tersedia, bukabuku akan mengirimkan terlebih dahulu buku yang tersedia. Sangat membantu dan mengurangi kebosanan menunggu. Sebagai bonus, bukabuku selalu menyertakan pembatas buku gratis untuk setiap pembelian:mrgreen:.

BukuKita.com

Bukukita.com

Mirip dengan bukabuku.com ditambah fitur hadiah yang melimpah. Bukukita memberikan kita point reward dan nomor undian buku gratis setiap kita membeli buku. Cocok untuk anda yang memburu bonus😀.

books-centre.com

Books Center

Toko yang satu ini adalah toko buku spesialis penjualan buku impor. Poin terbesar dari toko ini adalah harganya yang murah meriah. Jauh lebih murah daripada harga di toko buku impor lainnya. Novel-novel saku yang biasanya dijual Rp.80.000,- di sini ditawarkan dengan harga Rp.30.000,- sampai Rp.65.000,-. Harga mahasiswa😀.

Situsnya cukup ribet dan minim informasi. Setelah melewati keribetan tersebut, saya berhasil daftar dan memesan sejumlah buku. Surel konfirmasi pemesanan langsung masuk ke akun gmail saya, sayangnya masuknya ke spam -_-. Setelah beberapa kali bertukar surel (yang juga masuk ke spam), akhirnya saya melakukan transfer. Asyiknya, kalau total harga buku yang dipesan diatas seratus ribu, anda tidak perlu membayar ongkos kirim😀.

Kutukutubuku.com

Kutukutubuku.com

Saya nyaris memesan buku di toko buku ini. Nyaris, karena terjadi masalah klasik saat memesan di toko buku online : stok buku yang tidak riil. Bulan April lalu saya memesan buku Subtle Knife (lanjutan buku Golden Compass). Hampir putus asa mencari buku tersebut. Di Gramedia, bukabuku, dan bukukita stoknya habis. Saya cari-cari di Kaskus pun hasilnya sama saja. Sialnya lagi, tidak ada rencana cetak ulang buku tersebut oleh pihak penerbitnya. Hanya kutukutubuku yang mencantumkan bahwa mereka memiliki buku tersebut.

Herannya, pihak kutukutubuku.com sepertinya jarang membalas surel dari pelanggan. Setelah uang saya transfer, sampai beberapa hari, tidak ada tanggapan dari kutukutubuku, walaupun hanya tanggapan bahwa pembayaran saya sudah diterima. Ternyata oh ternyata, stok buku tersebut di kutukutubuku sudah habis. Akhirnya saya meminta refund, yang ternyata membutuhkan waktu cukup lama. Kejelasan proses refund-pun baru diperoleh setelah saya kirim surel berkali-kali.

Saya tidak bilang bahwa kutukutubuku.com itu jelek. Mungkin hanya saya saja yang sedang kurang beruntuh saat membeli di sana.

Kinokuniya Bookstore

Kinokuniya

Kinokuniya adalah toko buku yang menjual buku-buku impor berbahasa Inggris, Jepang, dan Korea. Koleksi bukunya lumayan lengkap, dari buku-buku klasik sampai buku-buku terbaru.  Sayangnya, Kinokuniya kebanyakan terdapat di Jakarta. Tidak ada satu pun di Bogor. Sayangnya lagi, Kinokuniya Indonesia tidak memiliki website penjualan buku secara online. Tapi kalau memang demikian, kenapa Kinokuniya masuk ke dalam tulisan ini?

Ternyata, walaupun tidak memiliki toko buku online, kita tetap dapat memesan buku lewat surel. Cukup tanyakan (inquiry) ketersediaan buku yang rekan-rekan inginkan ke customer_service[at]kinokuniya.co.id. Selang beberapa waktu, biasanya satu hari kerja, pihak Kinokuniya akan memberikan informasi ketersediaan buku yang ditanyakan, berikut dengan harganya. Nah, setelah itu anda dapat meminta pengiriman buku tersebut ke alamat anda, tentu saja setelah melakukan transfer sejumlah harga buku dan ongkos kirim ke rekening yang diberikan. Kalau ada kesulitan, kirim surel saja. Pihak CS Kinokuniya cukup tanggap membalas surel. Oh iya, Harga buku yang dijual tidak terpaut jauh dengan harga buku di amazon.com.

Pengiriman buku dilakukan lewat jasa JNE. Karena domisili saya di Bogor, buku tersebut sampai ke rumah saya dalam waktu kurang dari 24 jam sejak saya mengirimkan bukti transfer ke Kinokuniya:mrgreen:. Secara total, sejak awal inquiry sampai diterimanya buku, dalam kasus saya, hanya membutuhkan waktu lima hari. Itu pun karena saya telat transfer😛.

Sebenarnya masih banyak lagi toko buku online yang ada di Indonesia, namun kebetulan baru lima di atas yang pernah saya coba. Mungkin ada yang mau menambahkan😀. Kalau masih penasaran, bisa dilihat thread Review Toko Buku Online di Kaskus.

13 thoughts on “Belanja di Toko Buku Online

  1. Saya bisa menyediakan buku2 dalam bentuk ebook sekaligus mencetakkan ebooknya. Jadi anda bisa dapat file ebooknya sekaligus cetakan bukunya.
    Hp: 081313535353

  2. I’m really impressed with your writing skills and also with
    the layout on your blog. Is this a paid theme or
    did you customize it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it’s rare to see a nice blog
    like this one today.

  3. aku lagi nyari buku karangan john furhman,
    judulnya if they say no just say next.
    kalo bisa sudah ditulis dalam bahsa indonesia.
    mgkn ada yang bisa bantu?

Leave a Reply

