Mencoba Windows 8 Developer Preview

Awal minggu ini, Microsoft mengadakan sebuah konfrensi bertajuk BUILD Window. Tokoh utama pada konfrensi tersebut adalah Windows 8, yang direncanakan rilis pada tahun 2012. Terdapat beberapa sesi yang membahas fitur baru dan demo Windows 8. Bersamaan dengan konfrensi tersebut, Microsoft merilis Windows 8 Developer Preview yang dapat diunduh secara gratis. Apa yang baru di Developer Preview ini? Tulisan berikut akan membahas beberapa aspek antarmuka dari Windows 8 Developer Preview.

Metro

Antarmuka Metro ditampilkan setelah logon. Antarmuka Metro sangat mirip dengan antarmuka yang digunakan pada Windows Phone 7. Antarmuka terdiri dari banyak tombol yang mewakili sebuah aplikasi. Bisa dibilang Metro adalah perluasan dari konsep start menu yang selama ini setia pada Windows.

Metro Style

Salah satu ciri aplikasi Metro adalah aplikasi ditampilkan secara fullscreen. Hal ini menimbulkan kesan bersih pada antarmuka aplikasi. Namun ketiadaan menu bar menimbulkan kesulitan pada beberapa kegiatan yang sederhana. Banyak yang mengeluhkan sulitnya menutup sebuah aplikasi yang dijalankan. Percobaan pertama yang saya lakukan adalah dengan menekan alt + F4 yang tidak menimbulkan reaksi apapun. Percobaan kedua dilakukan dengan menjalankan task manager dan menutup aplikasi yang bersangkutan. Mengklik kanan pada aplikasi memang memunculkan menu tambahan, namun tetap tidak ada pilihan untuk menutup aplikasi. Usut punya usut ternyata aplikasi dapat ditutup dengan menggunakan ctrl + Esc.

Tampilan yang bersih

Sepertinya antarmuka Metro didesain untuk digunakan pada komputer dengan layar sentuh. Kebanyakan operasinya lebih mudah dilakukan dengan menggunakan layar sentuh. Pada BUILD sendiri, demo Windows 8 dilakukan pada komputer tablet, yang menggunakan antarmuka layar sentuh. Akibatnya, ada beberapa aplikasi yang sulit digunakan pada komputer dekstop atau laptop.

Ribbon

Masih ingat antarmuka Ribbon yang digunakan pada Microsoft Office 2007 ke atas? Antarmuka tersebut kali ini juga diterapkan pada Windows Explorer.

Ribbon pada Windows Explorer.

Selamat Tinggal Start Menu

Hal pertama yang disadari pada saat memasuki antar muka dekstop adalah perubahan pada tombol star yang bewarna hitam. Di balik perubahan kecil tersebut terdapat sebuah perubahan yang sangat signifikasi : tidak adanya fitur start menu. Tombol start sekarang memiliki fungsi untuk menampilkan antarmuka Metro (dengan cara mengklik tombol start) dan menampilkan antarmuka Charm (dengan cara mengarahkan kursor pada bagian kiri bawah tombol).

Charm pada Windows 8.

Start menu adalah fitur yang sudah lama terdapat pada Windows. Lewat start menu, kita dapat mengakses sebagian besar fungsi yang disediakan oleh Windows. Penghilangan fitur ini mengakibatkan banyak hal sederhana yang harus dilakukan dengan cara berbeda. Contohnya adalah melakukan proses shut down. Proses shutdown sekarang dilakukan dengan menampilkan Charm -> Settings -> Power -> Shut down. Dua klik lebih lama dibandingkan sebelumnya.

Shortcut Keyboard dan Mouse

Banyak sekali shortcut baru yang diperkenalkan. Berikut adalah shortcut yang dapat digunakan beserta fungsinya :

 

  • he Start button takes you to Start Screen and lets you toggle between open apps
  • Alt-Tab cycles through apps in sequence, as usual
  • Arrow keys allow you to move through the Start screen
  • Windows + C brings up the Charm menu, as does hovering over the lower-left hand corner of the screen
  • Windows + F brings up the Search screen, though simply typing (when on the Start screen) is more convenient
  • Windows + Z in a fullscreen app brings up the contextual menus
  • Windows + D takes you to the desktop
  • Windows + L locks the PC, invoking the lock screen
  • Windows + P pulls up multi-monitor settings
  • Windows + I brings up the Settings charm
  • Windows + E invokes Windows Explorer, as ever
  • Windows + R brings up the Run prompt
  • Windows + Y makes all your open windows (and the Metro UI) transparent, so you can see the desktop beneath
  • Windows + X shows Windows Mobility Center, which appears to serve much the same role as the Settings charm but on the desktop instead
  • The Scroll wheel pans across Start screen, slowly
  • Right-click brings up contextual menus in a full screen app
  • Left-click on the Start screen brings up options to unpin, resize and uninstall apps
  • Ctrl-Alt-Delete summons a screen with options to shut down, switch users, log off or quickly open the Task Manager

Sumber : http://www.windows8news.com

Penutup

Secara umum, antamuka pada preview ini lebih segar dan bersih daripada generasi sebelumnya. Warna yang digunakan nyaman untuk dilihat oleh mata. Typeface yang digunakan terkesan bersih dengan ukuran huruf yang cukup besar sehingga memudahkan pengguna untuk membaca.

Masih banyak fitur yang belum ditampilkan pada developer preview ini. Konon masih terdapat tiga ratus fitur tambahan yang nantinya akan ditambahkan pada Windows 8. Penambahan tersebut berarti kemampuan sistem operasi Windows akan mengalami peningkatan. Namun perlu diingat bahwa semakin banyak fitur baru, semakin lama waktu yang diperlukan oleh pengguna untuk beradaptasi dengan sistem yang baru.

Semoga Windows 8 nantinya lebih bersahabat dengan pengguna desktop. Sekarang hanya tinggal berdoa agar akun MSDN masih aktif saat Windows 8 rilis tahun depan:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s