Instalasi Pengaya pada Quantum GIS 1.8.0 Lisboa

Quantum GIS mendukung penggunaan pengaya. Pengguna dapat menggunakan, bahkan mengembangkan, pengaya untuk menambah fungsionalitas aplikasi yang sudah ada. Beberapa pengaya yang sering dikenal antara lain ialah ftools yang merupakan perangkat analisis dan manajemen data spasial serta manageR yang memperkaya Quantum GIS dengan fungsi-fungsi statistik. Tulisan kali ini mengulas cara instalasi pengaya pada Quantum GIS 1.8.0 Lisboa. Agar pengaya dapat terpasang, komputer harus terhubung dengan internet.

Untuk memasang pengaya terbaru, pada Quantum GIS pilih Plugin -> Fetch Python Plugins… Quantum GIS kemudian akan mengambil daftar pengaya yang tersedia dari repositori pengaya. Setelah daftar diambil, Quantum GIS akan menampilkan nama pengaya, deskripsi, pengembang, dan repositori tempat pengaya tersebut berada (Gambar 1). Salah satu repositori yang digunakan ialah QGIS Official Repository yang dikelola langsung oleh pihak pengembang Quantum GIS.

Gambar 1  Daftar pengaya yang dapat dipasang pada Quantum GIS.

Sebagai contoh, misalnya kita ingin menginstalasi pengaya PostGIS Manager. Yang harus dilakukan ialah mengetikkan nama pengaya tersebut di kotak teks Filter. Secara otomatis, Quantum GIS akan menampilkan pengaya yang namanya sesuai dengan kata kunci yang kita ketikkan (Gambar 2).

Gambar 2  Hasil pencarian pengaya.

Setelah pengaya ditemukan, langkah selanjutnya ialah memilih pengaya tersebut. Kemudian, tombol Install/upgrade plugin akan aktif. Tekan tombol tersebut untuk memulai proses instalasi pengaya PostGIS Manager. Pastikan kembali komputer terhubung dengan internet. Setelah seluruh berkas diunduh, Quantum GIS akan menampilkan pesan bahwa pengaya telah berhasil dipasang (Gambar 3).

Gambar 3  Pesan bahwa pengaya berhasil dipasang.

Pengaya yang telah dipasang dapat digunakan dengan memilih menu Plugins(Gambar 4).

Gambar 4  Pengaya yang telah terpasang.

Sekian. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s